Sudah dua bulan ini saya tidak aktif di GRI dan urusan kepastoran karena kesibukan mencari nafkah. Saya telah mengesampingkan urusan uang ini, karena perhatian saya tercurah full time meluangkan waktu untuk “Preach the Gospel” mengabarkan kabar baik Grace.

Setiap manusia mempunyai waktu yang sama 24 jam, tapi hanya 1/3 ( = 8 jam) dari waktu itu yg effective. Dan apa yg kita gunakan utk waktu tsb, itulah hasil yg akan kita ciptakan. Waktu saya semua buat “Preach the Gospel”.

Saya dulu berfikir, waktu saya 100% untuk Tuhan, maka Tuhan akan mengembalikan saya lebih banyak hal-hal lagi.  “General Statement” nya memang benar, “apapun yang anda berikan kepada Tuhan, maka Dia akan mengembalikan jauh lebih besar dalam quality dan quantity.” Tuhan tidak ingin dan tidak akan “short change” anak-anak Nya. Arti “Short change” sepertinya: mengibuli, mengelabui, mencari untung, mempergunakan, atau merugikan, dll.  JIka anda berikan waktu – maka waktu anda dalam sehari akan diperpanjang quality dan quantity (banyak hal-hal yg bisa anda selesaikan dihari itu), dan waktu hari tsb akan seperti Surga di dunia, penuh damai suka cita. Jika materi yg anda korbankan demi Tuhan dgn senang hati – maka secara supernatural materi juga akan memburu anda. Tiada hal apapun yg Tuhan inginkan dari anda, percayalah dia sudah punya segalanya, yg dia inginkan hanyalah “Ketergantungan anda kepada Nya” (Sole dependency).

Tapi hati-hati ada salahnya pemikian demikian: memberikan waktu kepada Tuhan bukan berarti harus menjadi gembala atau leaders di gereja, bukan nya harus melayani hal-hal yang berurusan dengan gereja atau mengabarkan Injil.  Jika Tuhan ingin injil Nya di beritakan, Ia bisa memilih satu Pengkotbah Nya seperti Ps. Joseph Prince. Dan Ia juga yg akan menyediakan semua penyediaan yg diperlukan, termasuk orang-orang yg perlu mendengarnya. Kita tidak perlu berpikir ingin membantu Tuhan, karena Tuhan tidak perlu dibantu. Ia sanggup melakukan segala apapun kehendakNya dgn baik sempurna.

Menjadi pengikut Tuhan yg benar adalah dgn memberikan waktu anda utk MENIKMATI Yesus dimanapun dan apapun yg anda lakukan. Kita boleh menikmati Yesus tidak harus berhubungan dgn hal-hal Gereja. Kapanpun dan dimanapun kita boleh menikmati Nya, meskipun saat kita mencari nafkah uang utk keluarga, setiap saat adalah saat kesadaran bersamaNya.

Saya beri contoh, menjadi supir Taksi pun bisa menikmati Yesus dan pada waktu bersamaan mengabarkan kabar baik. Bagaimana? Pasang lagu “worship songs” CD saat driving, saya sudah worship sepanjang jalan menikmati Nya. Dan dgn kesadaran Yesus ada berserta saya saat driving, maka Yesus lah yg menuntun setiap langkah saya, sehingga saya akan selalu berada di Tempat yang benar, waktu yg benar dan bertemu orang-orang yg benar (Right Place, Right Time, dan Right People). Niscaya hari itu akan menjadi hari yg supernatural. Penumpang lancar, hati senang dan bebas kecelakaan atau tilang polisi. Dan pasti ada saja penumpang yg sengaja di pasang oleh Tuhan naik taksi itu, dan membutuhkan perkataan yg membangun (“Edification”), dan saya mempunyai kesempatan memberikan kata-kata tsb seperti dalam Efe 4:29 – supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. Dan tahukah anda? anda sudah menjadi Pengabar Kabar baik tanpa anda sadari, dan Tuhan akan membuat hari itu hari yg indah. Anda tidak perlu berupaya, semua akan disediakan Nya didalam waktunya yg tepat.

Tidak perduli apa pekerjaan anda, anda bisa Menikmati Yesus. Dan hari anda akan bak pesta, seperti yg Yesus perumpamakan didalam kisah Luk 14:15-24 (NKJV) The Parable of the Great Supper. Yesus mengatakan ini adalah PERJAMUAN BESAR. Bukan perjamuan biasa. Mengapa? Sebab segala sesuatu sudah siap (Luk 14:17). Anda di undang Allah Bapa menikmati Perjamuan besar yg sudah disiapkan SEGALANYA oleh Tuhan Yesus. Tidak perlu membawa makanan sendiri, tidak perlu membawa minuman sendiri. SEMUA sudah disediakan oleh Yesus. Apa yg anda perlukan? Kesembuhan? Ada di dalam perjamuan ini. Kekurangan apapun yg anda perlukan ada didalam perjamuan ini sehingga walhasil anda tidak akan kekurangan apapun dalam hidup (Maz 23:1). Apa yg perlu anda lakukan? Hanya MENIKMATI PERJAMUAN BESAR ini.

Tapi lihat kebanyakan orang-orang yg diundang tidak mau datang. Mereka memberikan alasan-alasan yg tidak masuk akal. Luk 14:18 … Yang pertama berkata: Aku telah membeli ladang dan aku harus pergi melihatnya; Lho adakah orang yg membeli rumah dulu kemudian baru pergi melihatnya? ‘Membeli kucing dalam karung.’ Demikian pula alasan berikutnya Luk 14:19 – Aku telah membeli lima pasang lembu kebiri dan aku harus pergi mencobanya; Seolah anda membeli mobil baru tanpa mencoba dulu, setelah membelinya baru pergi mencobanya?. Dan ada pula alasan bodoh Luk 14:20  – aku baru kawin dan karena itu aku tidak dapat datang. Apa hubungan urusan kawin dgn menikmati Pesta besar dan Gratis ini?

Demikian pula kebanyakan orang-orang Kristen maupun bukan Kristen. Kalau kita katakan anda cukup menikmati Karya Sempurna Kristus saja, tidak perlu berupaya diri untuk melayakkan diri, maka mereka akan mencemoh “oh itu Grace murahan – License to sin” dll. Tapi kalau kita katakan anda harus bayar dgn upaya mengkuduskan diri, nah itu baru mereka mau percaya. Kalau undangan menjadi Kristen itu harus mendaki gunung Himalaya, harus ber-puasa 40 hari, dan harus melakukan seratus perintah moralitas, Nah ini baru Kristen dimata mereka.

Yesus tidak ingin kita melakukan apapun, tapi hanya DATANG ke PERJAMUAN Nya, duduk menikmati semua hidangan yg telah Dia siapkan. Semua Hidangan ini bukan murahan, tapi semua Hidangan Mahal yg telah Dia bayar penuh dgn DARAH dan pengorbanan hidupNya. Yesus tidak perlu datang buat kita, tapi Dia rela melepaskan setiap Kebesaran Nya di Surga, dan datang sebagai manusia utk menebus manusia. Darah menebus Darah. PengorbananNya buat Pemberkatan kita yg mau PERCAYA. Dan dia TIDAK mengundang orang-orang yg kaya, yg kesohor, yg patut dan pantas (Luk 14:23), tapi yg berada di jalan yg sesat, dan yg masih penuh dgn dosa, dia mengundang orang-orang yg awam seperti anda dan saya. Dan Dia akan mencurahkan Kasih Karunia Nya, sedemikian besar sehingga kita akan merasa terpaksa (dalam bhs Yun-Eng: ‘Compel’ – artinya dari dalam hati merasa sangat kuat keinginan…) utk mengikuti Yesus selamanya. Seperti kata Rom 2:4 bahwa Kekayaan Nya, kemurahan-Nya, Kesabaran-Nya dan Kelapangan hati-Nya akan menuntun engkau dgn kuat kepada pertobatan. Pertobatan sejati terjadi krn perubahan dari pikiran dan hati. Amin.

great supper

Satu pemikiran pada “Undangan Kristus hanya untuk MENIKMATI semuaNya saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s